Upaya Menanamkan Sikap Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.29240/belajea.v8i2.6435Keywords:
Religious Moderation, Islamic Religious Education, Student Moderation AttitudesAbstract
Downloads
References
Akhmadi, A. (2019) ‘Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation in Indonesia’s Diversity’, Jurnal Diklat Keagamaan.
Ali, N. (2020) ‘Measuring Religious Moderation Among Muslim Students at Public Colleges in Kalimantan Facing Disruption Era’, INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.
Anwar, R. N. (2021a) ‘Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme’, Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education.
Anwar, R. N. (2021b) ‘Penyuluhan Urgensi Tabayun Dalam Menanggulangi Penyebaran Hoax Di Media Sosial Pada Masa Covid-19’, in Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian. Jakarta: Rumah Cemerlang Indonesia.
Anwar, R. N., Wardani, L. A. and Vitriana, U. (2019) ‘Pengelolaan Masjid Kampus Sebagai Pusat Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa di Universitas PGRI Madiun’, Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Ariefana, P. and Saleh, U. H. (2019) ‘Menristek Sebut Sudah Lama 10 Perguruan Tinggi Terpapar Radikalisme’, Suara.com. Available at: https://www.suara.com/news/2019/06/03/135655/menristek-sebut-sudah-lama-10-perguruan-tinggi-terpapar-radikalisme?page=all.
Arifin, Z. and Rizal, S. (2017) ‘Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah’, Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan.
Asrori, S. (2019) ‘Mengikuti Panggilan Jihad; Argumentasi Radikalisme dan Ekstremisme di Indonesia’, Jurnal Aqlam–Journal of Islam and Plurality.
Asrori, S. (2020) ‘Lanskap Moderasi Kegamaan Santri, Refleksi Pola Pendidikan Pesantren’, Jurnal Ilmu Sosial Indonesia.
Azizah, L. and Purjatian, A. (2015) ‘Islam di Tengah Masyarakat Multikultural Indonesia (Studi Atas Konsep Multikultural Abdul aziz Sachedina)’, Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama.
B, J. (2018) ‘Pesantren dan Radikalisme’, UINJkt. Available at: https://www.uinjkt.ac.id/id/pesantren- dan-radikalisme/
Betwan (2019) ‘Pentingnya Evaluasi Afektif pada Pembelajaran PAI di Sekolah’, Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam.Available at: http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/4015.
Christanti, Y. D. and Anwar, R. N. (2019) ‘Hubungan Prokrastinasi AkAdemik Dengan Kecerdasan Spiritual Generasi Milenial’, Jurnal Pedagogik.
Departemen Agama RI (2017) Syamil Al Quran dan Terjemahan. Bandung: PT. Syamil Cipta Media.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2020) Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Hidayatulloh, F. S. (2013) ‘Manajemen Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus Di Institut Pertanian Bogor)’, Manajemen Pendidikan Agama.
Hiqmatunnisa, H. and Zafi, A. A. (2020) ‘Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di Ptkin Menggunakan Konsep Problem Basic Learning’.http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/546
Iskarim, M. (2016) ‘Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar ( Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa )’.
Kamal, M. and Junaidi (2018) ‘Pengembangan Materi Pai Berwawasan Multikultural Sebagai Upaya Menanamkan Nilai-Nilai Keberagaman Siswa Smkn 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam’, Penelitian Pendidikan Islam.
Karim, H. A. (2019) ‘Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil ’Alamin dengan Nilai- Nilai Islam’, Ri’ayah.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7272 (2019) Pedoman Implementasi Moderasi Beragama Pada Pendidikan Islam. Jakarta: Jenderal Pendidikan Islam.
Kesuma, G. C. et al. (2019) ‘Deradikalisasi Paham Agama Melalui Organisasi Ekstra Kampus Di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung’, Fikri: Jurnal Kajian Agama , Sosial dan Budaya.
Khozin, W. (2013) ‘Sikap Keagamaan dan Potensi Radikalisme Agama Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama [Religious Attitudes and the Potential of Religious Radicalism in Students of Religious College]’.
Lubis, D. and Siregar, H. S. (2020) ‘Bahaya Radikalisme terhadap Moralitas Remaja melalui Teknologi Informasi (Media Sosial)’, APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama.
Ma`arif, M. A. (2019) ‘Internalisasi Nilai Multikulutural Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi ( Studi Di Di Pesantren Mahasiswa Universitas Islam Malang)’, Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam.
Muliadi, E. (2012) ‘Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah’, Jurnal Pendidikan Islam.
Nor, M. R. M. and Malim, M. (2014) ‘Revisiting Islamic Education: The Case of Indonesia’, Journal for Multicultural Education.
Nursisto (2008) Membumikan Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: AdiCit.
Pahlevi Hidayat, F. and Hamzah Lubis, F. (2021) ‘Literasi Media Dalam Menangkal Radikalisme Pada Siswa’, Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi.
Purwanto, Y. et al. (2019) ‘Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum’, EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan.
Rohmaniah, S. (2018) ‘Peran Agama dalam Masyarakat Multikultural’, Ri’ayah.
Rouf, A. (2020) ‘Penguatan Landasan Teologis : Pola Mewujudkan Moderasi Kehidupan Beragama The Strengthening of Theologhical Foundation : A Pattern for Embodying Religious Life Moderation’, Jurnal Bimas Islam.
Sadiah, D. (2018) ‘Strategi Dakwah Penanaman Nilai-nilai Islam dalam Menangkal Paham Radikalisme di Kalangan Mahasiswa’, Anida: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah.
Septiani, I. and Wiyono, B. B. (2012) ‘Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah’, Jurnal Manajemen Pendidikan.
Supiana (2017) Metodhologi Studi Islam. Bandung: Rosda Karya.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Belajea: Jurnal Pendidikan Islam agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).