Membumikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck Karya Hamka
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v8i1.7625Keywords:
Membumikan, Nilai-nilai Moderasi beragama, Novel HamkaAbstract
Manusia hidup di dunia ini saling berhubungan dengan manusia yang lain. Di antara mereka terjalin hubungan dan ikatan yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Islam menginginkan agar hubungan yang terjalin di antara manusia dibangun atas dasar yang lurus dan manhaj yang benar. Semua itu akan terwujud manakala sebagian mereka menghormati sebagian lainnya. Setiap mereka berpegang teguh dengan adab muamalah, pergaulan yang baik, perkataan yang sopan, memuliakan tamu dan semua yang diperintahkan Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui nilai-nilai moderasi yang terkandung dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kualitatif dengan objek penelitian kepustakaan (library research). Metode analisis data pada penelitian ini adalah metode penelitian conten analysis. Hasil penelitian ini ditemukan nilai-nilai moderasi yang dikemas oleh Hamka dalam novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, antara lain: Toleransi, konsisten, tegas, adil, terbuka, teguh pendirian, muhasabah.
Downloads
References
Ahyar, Dasep Bayu, ‘Analisis Teks Dalam Penelitian Kebahasaan (Sebuah Teori Dan Aplikatif)’, Shaut al Arabiyyah, 7.2 (2019), 100 <https://doi.org/10.24252/saa.v7i2.10273>
Alim, Alimatus sa’diyah, ‘Hakikat Manusia, Alam Semesta, Dan Masyarakat Dalam Konteks Pendidikan Islam’, JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN, 15.2 (2020), 144–60 <https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1760>
Ana Nadhya Abrar, Analisis Konten: Beberapa Pengertian Dasar (Dalam Akbar Silo (Penghimpun). Modul Kuliah Penelitian Administrasi. (Yogyakarta: Program Magister Administrasi Publik UGM, 2008
Arif, Muhammad Khairan, ‘Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama Dan Fuqaha’, Al-Risalah, 11.1 (2020), 22–43 <https://doi.org/10.34005/alrisalah.v11i1.592>
Darmawan, Cecep, Hana Silvana, Heni Nuraeni Zaenudin, and Ridwan Effendi, ‘Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kota Bandung’, Jurnal Kajian Komunikasi, 7.2 (2019), 159 <https://doi.org/10.24198/jkk.v7i2.21163>
Faisol, Muhammad, ‘Hukum Islam Dan Perubahan Sosial’, JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 18.1 (2019), 33 <https://doi.org/10.31958/juris.v18i1.1397>
Khoirunnisa, Eunis, and Ridwan Alpian, ‘Analisis Pesan Dakwah Sembilan Pilar Peradaban Dunia Thoriqoh Qodiriyah Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya – Sirnarasa’, Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2.1 (2020), 1–12 <https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i1.8>
Laurencia, Laurencia, and Sugeng Wahjudi, ‘Analisis Isi Pada Program Desta and Gina In The Morning Pada Radio Prambors Jakarta’, SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13.1 (2019) <https://doi.org/10.30813/s:jk.v13i1.1789>
Muktapa, Muh Irfhan, ‘Integritas Ilmu Pengetahuan Dan Penerapannya Dalam Aspek Kehidupan’, Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3.1 (2021), 21–28 <https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i1.33>
Octavia, Shilphy Afiattresna, Sikap Dan Kinerja Guru Profesional (Deepublish, 2019)
Qomariya, Fajrin Nurul, Hadi Soetarto, and Nur Inna Alfiyah, ‘Migrasi Dalam Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Talango’, PUBLIC CORNER, 16.1 (2021), 79–96 <https://doi.org/10.24929/fisip.v16i1.1597>
Sari, Dewi Wulan, Fatkhulloh Abdul Malik, and Mohammad Saat Ibnu Waqfin, ‘Tantangan Guru PAI Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Di SMP Islam Muallimin Kepung Kediri’, JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5.1 (2022), 9–16 <https://doi.org/10.32764/joems.v5i1.633>
Sittariandani, Rizka, and Fitri Puji Rahmawati, ‘Kelayakan Buku Bahan Belajar Daring (BBD) Kelas I Jilid 2 Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 6.4 (2022), 6272–80 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3222>
Yolanda, Cici, and Fatmariza Fatmariza, ‘Pergeseran Nilai-Nilai Moral Masyarakat Dan Implikasinya Terhadap Moralitas Remaja Di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan’, Journal of Civic Education, 2.3 (2019), 182–89 <https://doi.org/10.24036/jce.v2i3.152>
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).