Efektivitas Internet Sebagai Media Komunikasi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords:
: Internet, Communication Media, Learning, Students.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara menggunakan internet sebagai alat komunikasi. mengevaluasi seberapa baik internet mendukung kegiatan belajar mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara. Online efficacy merupakan variabel bebas (X) penelitian ini, sedangkan aktivitas belajar merupakan variabel terikat (Y). Sifat penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif. Sampel dikumpulkan dari wawancara dengan 78 mahasiswa, dan populasi penelitian terdiri dari 104 mahasiswa yang disurvei menggunakan kuesioner yang disesuaikan menjadi 100 mahasiswa dengan menggunakan metode Slovin. Dengan menggunakan kuesioner, metode yang digunakan adalah proporsional random sampling. Kelayakan instrumen dinilai dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Wawancara dan kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisis regresi linier sederhana dan teknik analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Secara bersamaan, uji asumsi tradisional dilakukan untuk menilai kelayakan regresi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Versi 17.00 untuk analisis yang komprehensif. Menurut penelitian ini, 75% mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara melaporkan bahwa penggunaan internet sebagai alat komunikasi mempengaruhi kegiatan belajar mereka. Karena internet terutama digunakan untuk tujuan rekreasi dan karena tidak semua pengajar memberikan tugas yang mengharuskan siswa untuk menggunakan internet, maka dampaknya terhadap kinerja akademik siswa tidak terlalu besar.
Downloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan,
K. N., & Sari., M. E. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, May.
Abdullah, M. (2015). Metodologi Peneletian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo. Amalia, K. N., & Halim, U. (2022). Penggunaan Internet sebagai Media
Pembelajaran. Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications), 1(1). https://doi.org/10.35814/publish.v1i1.3496
Bakri, M., & Yusni, Y. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Menulis Puisi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(1). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i1.1183
Barni, H. M. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Bahan Pengayaan Bagi Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Proceeding Antasari International Conference.
Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Hubungan Media Internet, Membaca, Dan Menulis Dalam Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.526
Deursen, V. (2022). Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran The Internet Usage as Medium of E-Learning. Jurnal Publish, 1(1).
Evi Yuliana, M., Triyandari Nugroho, N., & Puspitasari, N. (2021). Pemanfaatan E- Learning Sebagai Media Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Duta Bangsa Surakarta. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(6). https://doi.org/10.36418/jist.v2i6.176
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Instagram) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 6(1).
Ihya’ulumuddin, D. I., & Sulistiyawati, P. (2021). ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(1). https://doi.org/10.30738/jst.v7i1.9150
Intyaswati, D. (2021). Peran Media Massa Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilihan Umum 2019. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2). https://doi.org/10.46426/jp2kp.v25i2.142
Junaidi, J., Satria, W., & Wahyuni, D. (2021). Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Proses Pelaksanaan Aktivitas Belajar Mahasiswa Di Universitas Dharmawangsa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1). https://doi.org/10.34007/jehss.v4i1.511
Lajnah Pentashihan Mushaf al Quran. (2019). Al Quran dan Terjemahannya (11 - 20). In Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019.
Lovita, L., Dzakiyah, U., Angelika, R., & Natasya, Y. (2023). ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL MELALUI APLIKASI DIGITAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSUASIF TERHADAP PENERAPAN ETIKA BERKOMUNIKASI PADA
MAHASISWA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.653
Ni’mah, G. (2016). Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa. Studi Deskriptif Kualitatif Proses Pembelajaran Online Di Fakultas Ilmu Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 1(12).
Novianita, R. R., Andhikasari, R., & Pratiwi, C. Y. (2020). Efektivitas Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Tugas Akhir Mahasiswa Akademi Komunikasi. JURNAL PETIK, 6(2). https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.853
Robbani, F. N. (2022). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 5
SURABAYA. Skripsi UIN Sunan Ampel Surabaya.
Toisuta, J. S. (2021). Peran Dosen Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika,
4(1). https://doi.org/10.34081/fidei.v4i1.178
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2). https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lutfi Dzil Ikram, Muktaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).