Relasi Kuasa dan Dinamika Isi Media: Studi Ekonomi Politik Media di Group MNC pada Pemberitaan Hak Angket di Inews TV

Authors

  • Evri Rizqi Monarshi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sendi Ramadhan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Dimas Firli Maulana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sitti Romlah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Gun Gun Heryanto Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan pendekatan ekonomi politik yang digunakan dalam studi media massa, maka ada tiga konsep, yaitu komodifikasi (commodification), spasialisasi (spatialization), dan strukturisasi (structuration). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah social conflict atau fasih dikenal dengan nama paradigma kritis dan menggunakan metode kualitatif, dengan sumber primer wawancara dan sumber sekunder dari dokumen-dokumen atau siaran berita tentang hak angket dari Inews TV. Dengan teori ekonomi politik media dari Vincent Mosco yakni, komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk media yang dihasilkan Inews TV dikomodifikasi melalui isi dan kontennya. Inews TV melakukan spasialisasi horizontal dengan kekuatan dalam memproduksi media melalui perusahaan-perusahaan yang tidak sejalur. Hal ini dapat dilihat dari struktur bisnis Media Nusantara Citra ke bisnis lain dapat dilihat seperti MNC Vision Networks, MNC Financial Services, MNC Land, MNC Energy Investments. Serta spasialisasi vertikal dimana MNC dapat memproduksi satu konten yang sama, hal ini terkait pemberitaan hak angket yang dapat ditayangkan di beberapa media milik Media Nusantara Citra, Inews TV dan Sindo TV. Terdapat keterkaitan yang kuat bahwa pemilik perusahaan memiliki peran yang kuat dalam proses produksi suatu berita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-31

Issue

Section

Articles