Strategi Komunikasi Salam TV dalam Menyiarkan Program Kisah Teladan kepada Para Khalayak
DOI:
https://doi.org/10.29240/jdk.v9i1.10716Keywords:
strategi komunikasi, salam TV, khalayak, penyiaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi Salam TV dalam menyiarkan program Kisah Teladan kepada para khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Onong Uchjana Effendy yang melibatkan elemen- elemen komunikasi seperti komunikator, komunikan, pesan, media, dan efek media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Salam TV menggunakan strategi komunikasi yang efektif dalam menyiarkan program Kisah Teladan. Komunikator, yaitu presenter program, dipilih berdasarkan pengetahuan dan keahlian mereka dalam menyampaikan pesan moral dan religius. Komunikan, yaitu para khalayak, diidentifikasi sebagai masyarakat umum yang membutuhkan konten inspiratif dan edukatif. Pesan media disusun dengan baik, menggabungkan narasi yang menarik dengan nilai-nilai keislaman yang mendalam. Efek media yang diharapkan dari strategi ini adalah peningkatan pemahaman dan keimanan khalayak terhadap ajaran agama Islam, serta motivasi untuk mengambil teladan dari kisah-kisah yang disampaikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya strategi komunikasi yang tepat dalam menyampaikan pesan moral dan religius melalui media massa, seperti televisi, untuk mencapai tujuan edukasi dan dakwah yang lebih efektif.
Downloads
References
Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama RI. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(3), 267–285.
Atabik, A. (2013). Prospek Dakwah Melalui Media Televisi. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 191–209.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Effendy, E., Hatahap, S., & Rambe, H. M. (2023). Sejarah Perkembangan dan Peranan Televisi Berbasis Dakwah Islam. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(3), 1054–1061. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i3.3057
Faridah. (2024, Februari 15). Dampak Menonton Program Kisah Teladan. (C. A. Lestari, Interviewer)
Febriansyah, F., Novianto, I. & Pamungka, A. (2021). Strategi Pesan Komunikasi Komunitas Serang Ngopi Dalam Mengenalkan Biji Kopi Arabika Tegallumbu Sebagai Biji Kopi Khas Banten. Universitas Telkom, Bandung.
Haqqu, R., & Azwar Ersyad, F. (2020). Eksistensi Media Televisi Era Digital Dikalangan Remaja. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 38. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2228
Hendra, T., & Saputri, S. (2020). Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Komunikasi Media Sosial. Al Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 50–60.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Mabrur, M. (2012). Televisi yang Memiliki Citra Islami : Antara Harapan dan Tantangan. Jurnal Ilmu Dakwah, 11(22), 139–150.
Morissan. (2015). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam KomunikasI. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. 3(1). 90-95. http://dx.doi.org/10.103
Oktavia, F. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan Pt. Bukit Borneo Sejahtera Dengan Masyrakat Desa Long Lunuk. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. 4(1). 239-253. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id.
Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara.
Putri, D., Adawiyah, R., & Arif, M. C. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Sampang dalam Merukunkan Penganut Sunni-Syiah. Jurnal Komunikasi, 15(2), 131–144.
Putri, T. D., & Radjagukguk, L. D. (2022). Strategi Komunikasi Manajemen Redaksi Televisi Radio (Tvr) Parlemen Dalam Meningkatkan Minat Khalayak Di Era Digital. JSSHA ADPERTISI JOURNAL, 2(1), 16–28. Retrieved from https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JSSHHA/article/view/322
Ramadhani, S. (2024, 02 15). Dampak Menonton Program Kisah Teladan. (C. A. Lestari, Interviewer)
Ramadhani, S., & Tanjung, M. (2023). Communication Strategy in Strengthening Da’wah for the Muallaf Community in North Sumatra. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial 6(1), 87–187. https://doi.org/10.37680/muharrik.v6i1.2728
Triady, B., Damayanti, I., & Effendi, E. (2022). Peranan Televisi Berbasis Dakwah Islam Dalam Menguatkan Akidah Ummat. Jurnal Kelola: Jurnal …, 5(2), 141–148. http://ejournal.goacademica.com/index.php/jk/article/view/609
Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.40424
Yuhdyanto. (2015). Strategi Komunikasi Gajayana TV dalam Membuat Program Acara yang Mendidik dan Menghibur. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 4(501-505. www.publikasi.unitri.ac.id.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Dakwah dan Komunikasi agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).