Pendekatan Metodologis Dan Teologis Bagi Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Guru MI

Authors

  • Siti Zulaiha Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.220

Abstract

Studi Islam merupakan salah satu cabang ilmu favorit untuk dikaji oleh para kalangan ilmuwan, terutama dalam mengkaji persoalan metodologi yang digunakan dalam memahami ajaran Islam, hal ini disebabkan karena masih lemahnya pemahaman umat Islam dalam mengkaji Islam secara komprehensif, salah satu penyebabnya adalah kurangnya umat Islam memahami metodologinya. Demikian pula relevansinya dengan pengembangan dan kualitas guru MI terkait dengan memahami ajaran Islam harus memahami pendekatan-pendekatan apa saja yang digunakan di dalam mengajarkan dan memahami ajaran Islam kepada siswa SD/MI. Oleh karena itu tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua pendekatan dalam memahami ajaran Islam yaitu pendekatan metodologis yang diperlukan dalam mengkaji Islam juga pendekatan teologi yang merupakan doktriner yang dapat digunakan dalam memahami Islam. Serta bagaimana keterkaitannya dengan pengembangan dan peningkatan kualitas Guru MI. Kata Kunci : Studi Islam, Pendekatan Metodologis, Pendekatan Teologis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. Mukti, 1987, Metode Mamahami Agama Islam, Jakarta : PT. Bulan Bintang.

, 1990, Metodologi Ilmu Agama Islam, Yogyakarta : Tiara Wacana Yogyakarta.

, 1977, Ilmu Perbandingan Agama, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

A. Hanafi, 2003, Pengantar Teologi Islam , Jakarta : PT. Pustaka Al Husna Baru.

Amin Abdullah, 2004, Studi Agama, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Abdullah, M. Yatimin, 2006, Studi Islam Kontemporer, Jakarta : AMZAH.

Abuddin Nata, 2001, Metodologi Studi Islam, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

, 2013, Metodologi Studi Islam, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Depag RI, 2006, Al-qur’an dan Terjemahnya, Bandung : CV Diponegoro.

Hadari Nawawi, 2001, Metodologi Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Jamali Sahrodi, 2008, Metodologi Studi Islam: Menelusuri Jejak Historis Kajian ala Sarjana Orientalis Bandung : CV Pustaka Setia.

Louay Safi, 2001, Ancangan Metodologi Alternatif : Sebuah Refleksi Perbandingan Metode Penelitian Islam dan Barat Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

Martinis Yamin, 2006, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta : Gaung Persada Press.

M. Yatimin Abdullah, 2006, Studi Islam Kontemporer, Jakarta : AMZAH.

Fahal, Mukafi & Achmad Amir Aziz, 1999, Teologi Islam Modern, Surabaya : Gitamedia Press.

Zakiah Daradjat , Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1996.

Ajahari, Memahami Islam Perspektif Metodologis dalam https:// fauziannor.files.wordpress.com/2013/03/memahami-islam-perspektif metodologis.pdf, diakses 20 Maret 2017.

Hardy, Pendekatan Teologis-Normatif Dalam Kajian Studi Islam dalam https://www.academia.edu/30436771/Pendekatan¬_Teologis-Normatif_Dalam_Kajian_Studi _Islam, diakses 20 Maret 2017

Muhtadin Dg. Mustafa, Reorientasi Teologi Islam dalam Konteks Pluralisme Beragama. www.jurnalhunafa.org.article.viewFile, diakses 20 Maret 2017.

Downloads

Published

12-07-2017

How to Cite

Zulaiha, S. (2017). Pendekatan Metodologis Dan Teologis Bagi Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Guru MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 45–64. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.220

Issue

Section

Articles

Citation Check