Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mahlianurrahman Mahlianurrahman STKIP Bina Bangsa Meulaboh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran SETS yang layak, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran SETS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg & Gall. Desain pengembangan perangkat pembelajaran ini meliputi 9 langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba awal; (5) merevisi hasil uji coba terbatas; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji coba lapangan operasional; dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 3 Kotafajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan menurut ahli materi dan ahli pembelajaran dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran SETS dan yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran SETS, Berpikir Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, S.. 2013, Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Bernadete, I.D.R., 2009, Science, Technology, Society and Environment (STSE) Approach in Environmental Science for Nonscience Students in a Local Culture. Journal of Higher Education Research Science and Technology Section, 6.

Dilek, E. A., 2014, Turkish Teacher Opinions About Science, Technology, Society, Enviroment Acquisitions In Science And Technology Course Curriculum, Journal of Baltic Science Education, 13.

Mariana & Alit, M., 2000, Suatu Tujuan Tentang Hakikat Pendekatan Science, Technology, and Society dalam Pembelajaran Sains, Pelangi Pendidikan, 2.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J., 2014, Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook, Los Angeles: Sage.

Nurcahyani, N., Mulyani, B., & Mahardiani, L., 2012, Efektivitas Metode Pembelajaran STAD Berbasis SETS Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Perubahan Fisika Dan Kimia Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011, Jurnal Pendidikan Kimia, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret,1.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar.

Stephen, A.M., & Megan, D., 2012, The Impact of an STS Approach on the Development of Aspects of Scientific Literacy of Grade 10 Learners, Paper presented at SAARMSTE Conference, 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yager, R.E., & Hakan, A., 2008, Comparison of Student Learning Outcomes in Middle School Science Classes with an STS Approach and A Typical Textbook Dominated Approach, RMLE Online, 31.

Yaseen, M.Y., & Subahan, T.M., 2012, The Ranking of Science, Technology and Society (STS) Issues by Students and Physics Teachers in Secondary School, Yemen University Kebangsaan Malaysia, 2.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R., 2007., An Introduction to Educational Design Research. East, 129. Retrieved from www.slo.nl/organisatie/international/publications.

Downloads

Published

12-07-2017

How to Cite

Mahlianurrahman, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 87–106. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.219

Issue

Section

Articles

Citation Check